M A K A L A H
Disusun untuk memenuhi
tugas matakuliah
Sistem
Intraksi Manusia Dan Komputer Pada Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Pembangunan
Panca Budi Medan
SITI RAHMAH ( 131 4370 161 )
TENGKU ZULAIKA ( 131 4370 157 )
DEWI TRISNA KHAIRIAH ( 131 4370 183 )
DEVI KUSUMA
ANGGRIANI ( 131 4370 168 )
NAMA DOSEN :ABDUL
HARIS LUBIS, S.T, M.Kom
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI
MEDAN
2016
Soal
1. Analisis 3 contoh benda disekitar kita yang
a. Didesain
sesuai aturan
b. Didesain
kurang sesuai aturan
Dengan
prinsip-prinsip IMK dan ergonomics (khususnya yang di pasarkan pada human
capabilities interface/ hcl dan computer architecture dan iteraksinya.
Jawab
:
1. A.
Desain sesuai aturan :
·
Keyboard
Dari segi
ergonomics pengguanaan keyboard banyak digunakan untuk mengetik pada computer. Setiap
tombol-tombol yang ada pada keyboard juga memiliki fungsinya masing-masing.
Namun juga ada fungsi baru ketika temen-temen menggabungkan dari Dua
Tombol yang ditekan secara bersamaan.Di dalam keyboard sendiri memiliki
tombol-tombol yang memiliki peranannya masing-masing. Dalam keyboard ada tombol
Alfabet dari A-Z yang berfungsi untuk menuliskan huruf A-Z pada komputer.
Selain tombol tersebut ada beberapa tombol lain yang juga biasanya ada
pada setiap keyboard yang sesuai standart biasanya.
·
Mouse
Dari Segi Ergonomi dimana mouse didesain sesuai dengan
kenyamanan ,sehingga nyaman digenggam oleh tangan manusia. Dimana posisi pada
mouse memanfaatkan jari pada tangan manusia dengan sangat baik.
Prinsip IMK pada Mouse berguna untuk Interface,sebagai
menghubungkan pengguna (User) pada komputer dimana mouse berfungsi untuk
menggerakkan perintah dalam bentuk cursor yang bertujuan untuk menjalankan
beberapa pekerjaan yang di inginkan oleh User.
·
Printer
Dari segi Ergonomi dimana printer didesain dengan tujuan
membantu dalam melakukan pekerjaan Manusia(user). Sehingga Manusia(user) dapat
melakukan pekerjaannya dengan baik,printer berfungsi sebagai mencetak,
menginport gambar maupun lainnya.
Prinsip
IMK pada printer berguna untuk interface,sebagai menghubungkan Manusia(User)
dengan Komputer dimana setiap perintah yang di masukkan user ke komputer dapat
di output oleh komputer dengan bantuan printer. Sehingga pekerjaan user jadi
lebih efisien dan baik.
B.
Didesain kurang sesuai aturan :
- Kabel UTP
Dasi segi Ergonomi dimana kabel utp didesain untuk membangun
jaringan yang dapat dihubungkan oleh Komputer 1 ke Komputer yang lainnya. Akan
tetapi,kelemahan dari kabel utp yaitu dari segi pelindung pada kabel yang
sangat rentan terputus atau tersobek. Hal itu mengakibatkan dapat merusak pada
susunan tata letak kabel yang susah diterapkan.
Prinsip IMK pada kabel utp menghubungkan komputer 1 ke
Komputer 2 ataupun antar banyak komputer. Penyusunan pada kabel harus benar
sesuai dengan yang sudah diterapkan oleh pembuat. Kelemahan pada kabel utp bila
susunan salah maupun kabel didalam ada yang terputus maka jaringan antar
komputer akan terhenti.
- Cooler Pad
Dari segi Ergonomi dimana cooler pad didesain untuk membantu
menstabilkan suhu pada komponen dalam laptop. Tetapi pada cooler pad keadaannya
fisiknya sangat rentan pecah maupun rusak. Karena komponen pada cooler pad
terbuat hanya dari plastik kaca. Dan bagian kipas terhubung pada 1 kabel inti.
Maka cooler pad rentan akan rusak.
Prinsip IMK pada cooler pad adanya interaksi antar 2
komponen yang saling berhubungan dan saling melengkapi. Dimana cooler pad
bekerja sangat baik, dimana daya yang di perlukan cooler pad didapat dari
laptop sedangkan laptop memerlukan cooler pad untuk menstabilkan komponennya.
- Flashdisk
Dari segi Ergonomi dimana flashdisk didesain untuk membantu
pekerjaan user dalam menyimpan file maupun data yang penting. Akan tetapi jika
user tidak mengikuti standard penggunaan yang baik. Maka flashdisk juga akan
rentan rusak, dan pada flashdisk, keadaan fisik flashdisk hampir kebanyakkan
bahannya terbuat dari plastik. Hal tersebut memungkin flashdisk rentan akan
pecah.
Prinsip IMK pada flashdisk adanya hubungan antara user
dengan perangkat komputer.dimana flashdisk sangat dibutuhkan oleh user dalam melakukan
pekerjaannya baik dalam menyimpan data,gambar,music dan lainnya sesuai dengan
keinginan user itu sendiri
- Cari dan Sebutkan 3 contoh teknologi masa depan IMK dan jelaskan teknologi tersebut ( makin detail makin baik ) bias jadi masih bentuk konsep atau sedang dalam penelitian ( missal dari publikasi/jurnal atau mungkin video atau film fiksi ilmiah)
Jawab :
Tiga contoh teknologi masa depan
interaksi manusia dan computer :
a. Main game dengan control gerakan mata
Dengan
teknologi eye-tracking main game dengan kontrol gerakan mata sudah bisa
dilakukan sekarang. Tobii , perusahaan yang mengembangkan teknologi ini telah
meyatakan bahwa teknologi ini lebih responsive dan bisa di gunakan banyak
perangkat seperti laptop , handphone dan perangkat game.
Tobii memanfaatkan dua proyektor infrared untuk menerangi pupil mata
user serta dua kamera kecil untuk merekam gerakan mata. Data
ini selanjutnya diteruskan ke prosesor komputer, mengeluarkan data berupa
posisi mata, ukuran pupil dan tatapan si pengguna yang kemudian diterjemahkan
sebagai kontrol gerakan.
Dengan interaksi manusia dan computer dengan cara ini mungkin lebih
memberikan sebuah pengalaman baru bagi user dan sebuah tantangan sendiri dalam
mengontrol mata untuk memainkan sebuah game.
b. Rolltop (rollen laptop / laptop gulung)
Ini adalah
sebuah konsep laptop portable yang di impikan oleh semua manusia. Dengan bentuk
yang elegan dan fungsi yang tidak kalah dengan laptop konvensional secara
umumnya. Ini merupakan salah satu bentuk kreativitas dalam interaksi manusia
dan computer yang diinginkan di masa depan.
Dengan
teknologi yang canggih roll top ini mengunakan layar yang bisa di gulung
layaknya sebuah kertas. Seperti laptop umumnya , rolltop juga dilengkapi dengan
loudspeaker,webcam,USB port dan lain lain.
c. Layar sentuh (glass touchscreen interfaces)
Di zaman
sekarang layar sentuh sudah biasa di gunakan di smartphone, tablet pc dan lain
lain. Tetapi masa depan layar sentuh akan menjadi luas lagi seperti konsep dari
corning (perusahaan layar sentuh) yang akan menggunakan aktivitas sehari-hari
menggunakan layar sentuh ini . seperti di sekolah, dirumah, rumah sakit dll.
Layar sentuh masa depan ini di gunakan dalam aktivitas seperti menelepon
dari ponsel tipis kaca, mengatur suhu mobil menggunakan komputer yang berlayar datar super
tipis dari kaca, atau membaca majalah digital melalui tablet kaca.
3. Coba anda analisa satu alamat
website yang menurut anda masih banyak memiliki “Gulf” kemudian anda jelaskan
“Gulf” dan bagaimana solusi yang baik menurut anda agar proses interaksi antara
sistem dengan user dapat berjalan baik.
Jawab :
Menurut pendapat Kami. Sebuah website yang baik
adalah website yang tidak terlalu menghalangi pandangan user ke tampilan dengan
adanya terlalu banyak iklan,banner,suara audio seperti music dan lain lain.
Karena user membutuhkan sesuatu yang di cari dan kecepatan akses kedalam sebuah
website. Adapun solusi yang lain misal menu bar pada website seharusnya full
down, menu full down sudah menjadi aturan standard pada pembuatan website
maupun aplikasi. Kemudian pewarnaan pada tampilan tulisan dan background dari
sebuah website sebisa mungkin jangan sampai menggunakan warna mati seperti contoh
teks coklat dan background hitam. Hal itu menyebabkan user kesulitan membaca
apa yang tertera pada website tersebut.
Contoh website yang gulf :
0 komentar:
Posting Komentar